Selasa, 26 Mei 2009

MEDIA GERAK PUTAR SEGI TIGA PADA SUMBU SALIB UNTUK MENENTUKAN RUMUS TRIGONOMETRI SISWA KELAS II SMK MUHAMMADIYAH I NGANJUK

Karya Tulis Ilmiah
MEDIA GERAK PUTAR SEGI TIGA PADA SUMBU SALIB UNTUK MENENTUKAN RUMUS TRIGONOMETRI SISWA KELAS II SMK MUHAMMADIYAH I NGANJUK

Oleh :
MUCHAMMAD SOFFA,S.Pd,.MM
NIP. 510 211 024

PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH MAJLIS
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
SMK MUHAMMADIYH I NGANJUK
2007
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah
Trigonometri merupakan materi yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa II SMK. Konsep tersebut bersifat abtrak , sulit dibayangkan dan perpindahan gerak segita disetiap letak kuadran.
Sebagai guru matematika penulis merasa terpanggil untuk mencari model pembelajaran trigonometri yang mudah dipahami dan menarik, yaitu “MEDIA GERAK PUTAR SEGI TIGA PADA SUMBU SALIB UNTUK MENENTUKAN RUMUS TRIGONOMETRI”.
Penulis berharap model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami dan menentukan rumus trigonmetri disetiap letak kuadran, karena memiliki kelebihan kelebihan sebagai berikut :
1. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik, karena siswa dapat menyaksikan secara langsung bentuk perpindahan segitiga disetiap letak kuadran.
2. Siswa lebih aktif dan kreatif, karena melakukan percobaan sendiri.
3. Alat percobaan yang sederhana, mudah dibuat, serta mudah didapat
1.2 Tujuan penelitian:
Tujuan pembelajaran ini adalah untuk :
1. Menjelaskan kepada siswa bahwa rumus trigonometri dipengaruhi oleh letak kuadran.
2. Menjelaskan kepada siswa bahwa sumbu kanan dan atas bernilai positif sedangkan sumbu kiri dan bawah bernilai negatif
1.3 Manfaat
Manfaat model pembelajaran ini dapat :
1. menumbuhkan minat belajar siswa
2. Meningkatkan daya serap siswa
BAB II
PELAKSANAAN METODE PENGAJARAN

2.1 Alat dan Bahan

a) Penggaris segi tiga
b) Busur
c) Besi atau kayu yang panjangnya 80 cm jumlah 2






Seng / mika








Kayu / besi





2.2 Metode Pengajaran
Kegiatan belajar mengajar didalam kelas dalam bentuk klasikal dengan metode Tanya jawab.
2.2.1 Menentukan rumus trigonometri pada kuadran I


Sin  = y/r = Sin (180 -  ) = Sin 
Cos  = x/r = Cos (180 -  ) = Cos 
Tg  = y/x = Tg ( 180 -  ) = Tg

2.2.2 Menentukan rumus trionometri pada kuadran II


Y







X



Jika sumbu y di putar 180 segitiga terletak dikuadran II nilai x negatif dan nilai y positif maka Sin  = y/r = Sin (180 -  ) = Sin 
Cos  = x/r = Cos (180 -  ) = - Cos 
Tg  = y/x = Tg ( 180 -  ) = - Tg 

2.2.3 Menentukan rumus trionometri pada kuadran III
Y







X

Jika segitiga pada salib sumbu dikuadran II diputar 180º oleh sumbu x nilai x negatif dan nilai y positif maka : Sin  = y/r = Sin (180 -  ) = - Sin 
Cos  = x/r = Cos (180 -  ) = - Cos 
Tg  = y/x = Tg ( 180 -  ) = Tg 

2.2.4 Menentukan rumus trionometri pada kuadran IV

Y







X

Jika segitiga pada salib sumbu dikuadran III diputar 180º oleh sumbu y nilai x positif dan nilai y negatif maka : Sin  = y/r = Sin (180 -  ) = - Sin 
Cos  = x/r = Cos (180 -  ) = Cos 
Tg  = y/x = Tg ( 180 -  ) = - Tg 

BAB III
HASIL DAN KESIMPULAN


3.1 Hasil Percobaan
Contoh actual dari hasil pengajaran untuk menguji tingkat keberhasilan metode gerak putar setiga pada sumbu salib untuk menentukan rumus trigonometri , penulis telah mengadakan penelitian terhadap kelas 2M1 dan kelas 2M2 SMK Muhammadiyah I Nganjuk. Kelas 2M1 menggunakan metode ceramah pada waktu membahas rumus trigonometri, sedangkan kelas 2M2 menggunakan metode demontrasi dengan peragaan gerak putar setiga pada sumbu salib.
Setelah diadakan evaluasi dengan soal yang sama, ternyata hasilnya sebagai berikut :
Jumlah siswa yang mendapat nilai
Nilai Kelas 2M1 Kelas 2 M2
Orang % Orang %
10
9
8
7
6 -
-
2
8
30 -
-
5
20
75 5
11
21
-
3 12,5
27,5
52,5
-
7,5

Keterangan : Jumlah siswa masing-masing kelas adalah 40 siswa.


3.2 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari proses di atas sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran terlaksana dengan efektif
2. Selama proses pembelajaran siswa lebih aktif dan kreatif
3. Daya serap siswa dapat di tingkatkan
4. Menumbuhkan minat belajar siswa
5. Siswa sangat antusius mengikuti jalannya demonstrasi
6. Menumbuhkan sikap kerjasama dengan kawan dan melatih diri untuk dapat menghargai pendapat orang lain
7. Menumbuhkan rasa spontanitas terhadap kejadian alam di sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari.

BAB IV
SARAN
1. Dengan menggunakan alat peraga diatas akan lebih efektif, jika guru menggunakan metode demonstrasi
2. Susunlah alat-alat sesuai dengan fungsinya sebelum mengajar

3.2 Kesimpulan


Dengan menggunakan media pembelajaran :
1. Daya serap siswa dapat ditingkatkan
2. Proses pembelajaran terlaksana dengan efektif
3. Menumbuhkan minat belajar siswa, siswa sangat antusias mengikuti jalannya demontrasi
4. Selama proses pembelajaran siswa lebih aktif dan kreatif
5. Rasa percaya diri siswa mulai tumbuh
6. Menumbuhkan sikap kerjasama dengan kawan dan melatih diri untuk dapat menghargai pendapat orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar